Info, pilarbangsa.com – Mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra yang buron, pada Selasa 22 Agustus 2023 menginjakkan kaki di Thailand untuk pertama kalinya sejak 2008.

Ia kembali dari pengasingan dan langsung dibawa ke penjara, hanya beberapa jam sebelum sekutunya mengikuti pemungutan suara parlemen dalam upaya membentuk pemerintahan.

Thaksin, miliarder dan pemimpin partai populis Partai Pheu Thai, melarikan diri ke luar negeri 15 tahun yang lalu sebelum ia dipenjara secara in-absentia karena penyalahgunaan kekuasaan.

Ini dua tahun setelah militer menggulingkannya dalam sebuah kudeta, dengan tuduhan korupsi dan ketidaksetiaan kepada monarki yang berkuasa, yang dia bantah.

Pria berusia 74 tahun itu muncul sebentar bersama anggota keluarganya di terminal jet pribadi di Bandara Don Mueang Bangkok.

Thaksin tersenyum dan melambai kepada ratusan pendukungnya, sebelum dia diantar dalam konvoi polisi ke Mahkamah Agung.

Ia kemudian dibawa ke penjara, di mana, pengadilan mengatakan, akan menjalani hukuman delapan tahun.

Ketika ia keluar dari bandara dengan mengenakan jas hitam, dasi merah, dan pin kerah kuning berlambang kerajaan, Thaksin mengatupkan kedua tangannya dan membungkuk dalam salam tradisional “wai” di depan potret raja dan ratu.

Mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra, memberikan penghormatan kepada potret Raja Thailand Maha Vajiralongkorn dan Ratu Suthida di bandara Don Mueang di Bangkok, Thailand 22 Agustus 2023. (*)

REUTERS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *