Pekanbaru, pilarbangsa.com – Keluarga besar  Ikatan Pensiunan Pekerjaan Umum (IPPU) wilayah Riau pada Selasa, 22 Agustus 2023 melaksanakan Reuni yang ke-3.

Bertempat Auditorium H. M Rusli Zainal Kantor Dinas PUPRKPP Provinsi Riau, kegiatan dihadiri langsung oleh Ir. Djoko Muryanto, M.Sc beserta pengurus lainnya, Ketua IPPU wilayah Riau Garwono beserta pengurus, Kadis PUPR PKPP Provinsi Riau Arif Setiawan yang diwakili oleh Kabid Sumber Daya Air (SDA) Yufendri, dan para tamu undangan lainnya.

Selaku Ketua IPPU wilayah Riau, Garwono mengatakan reuni ini merupakan salah satu upaya untuk menjalin silaturahmi antar sesama keluarga pensiunan.

Dalam menjaga kebersamaan tersebut, Garwono menyebutkan program kedepannya yaitu akan memberikan bantuan kepada para pensiunan prasejahtera yang kurang beruntung atau membutuhkan bantuan.

Ia juga menyampaikan untuk keanggotaan sampai hingga saat ini sebanyak 355 orang, dan yang telah mengisi kelengkapan data sebanyak 280 orang.

“Dan anggota yang telah terdata lengkap tersebut kita berikan tanda pengenal atau ID card IPPU wilayah Riau. Saya berharap saudara-saudara kita yang belum bergabung untuk bisa ikut masuk di organisasi kita ini,” ujar Garwono.

“Alhamdulillah, IPPU wilayah Riau pernah menjadi yang terbaik diseluruh Indonesia. Hal ini kita capai dengan tetap menjalankan organisasi sesuai AD/ART yang sudah diatur, jadi kita kerjakan sesuai aturan yang berlaku,” tutup Garwono.

Ketua Umum IPPU Pusat Ir. Djoko Muryanto, M.Sc mengharapkan agar seluruh para pensiunan Dinas PUPR dimana pun berada agar bisa bergabung menjadi keanggotaan.

“Pendataan ini agar diupayakan secepatnya, yang penting jangan ada pensiunan kita yang tidak terdaftar dan tidak kita kenal,” tegas Djoko.

Ia menyebutkan, terdapat tiga kelompok dalam keanggotaan di IPPU, yakni kelompok sejahtera, kelompok mandiri, dan kelompok prasejahtera.

“Kriterianya, untuk kelompok sejahtera adalah kelompok yang bisa membantu anggota lain, kelompok mandiri adalah kelompok yang bisa memenuhi kebutuhannya sendiri, dan terakhir kelompok prasejahtera yaitu kelompok yang perlu dibantu,” jelas Djoko.

Selanjutnya, Djoko mengatakan didalam IPPU ini juga dilakukan pendayagunaan keanggotaan, pentingnya hal ini menurutnya dapat membantu kemajuan organisasi.

“Pendayagunaan anggota ini juga bisa bersinergi pemerintah khususnya Dinas PU. Kita yang pensiunan ini dapat dimanfaatkan apabila dibutuhkan, baik itu tenaga maupun pikiran,” tutup Ketum IPPU Pusat.

Kabid SDA Dinas PUPR PKPP Provinsi Riau Yufendri sangat menyambut baik kehadiran IPPU diwilayah Provinsi Riau, karena menurutnya masukan dan saran selalu didapatkan dari para pensiunan yang selama ini dianggapnya lebih paham dan bijak dalam membantu pemerintah.

“Dengan adanya mereka (IPPU,red) kedepannya kami akan merasa lebih mudah dalam menjalankan tugas pekerjaan. Dan kami sebagai pemerintah akan selalu memperhatikan para pensiunan dari Dinas PUPR, karena bagaimana pun mereka bagian dari kita,” singkat Yufendri.

Kegiatan dilanjutkan dengan makan siang dan untuk menghangatkan suasana, para pensiunan melakukan bernyanyi bersama. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *