Pekanbaru, pilarbangsa.com – Pelantikan Camat Rumbai kota Pekanbaru dari Vemi Herliza S.STP, MH kepada Abdurahman S.IP, M.Si telah dilakukan beberapa waktu lalu oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa S.STP, M.Si

Serah Terima Jabatan atau Sertijab dari kedua pejabat tersebut akhirnya dilaksanakan pada Kamis, 05 September 2024 bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Rumbai yang dihadiri langsung oleh Pj Wali Kota Pekanbaru didampingi Sekretaris Daerah, Asisten, dan rombongan Kepala OPD lainnya.

Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa mengatakan bahwa kegiatan pergantian jabatan dilingkungan pemerintah merupakan suatu hal yang biasa, upaya dalam memberikan kemajuan bagi pembangunan di Kota Pekanbaru kedepannya.

Risnandar menilai Vemi Herliza yang mendapat jabatan baru di Sekretariat Dinas Pendidikan kota Pekanbaru ternyata sudah berpengalaman di kewilayahan dan paham tentang pemerintahan, pembangunan, serta sosial kemasyarakatan.

“Saya yakin nanti Bu Vemi akan bisa menjalankan tugas barunya dengan baik, karena di sektor pendidikan juga berkaitan langsung dengan pemahaman tentang sosial masyarakat yang telah dijalankannya selama menjadi Camat. Dan untuk penyesuaian dilingkungan Dinas saya yakin akan cepat beradaptasi,” ujar Risnandar.

“Dan kepada Abdurahman sebagai pejabat Camat Rumbai yang baru selamat bertugas, segera menyesuaikan dengan lingkungan pekerjaan dan dekat kepada masyarakat sekitar. Saya pun tidak akan segan-segan untuk mengevaluasi apabila yang bersangkutan selama menjadi Camat tidak bisa mengikuti aturan dan ketentuan sesuai dengan visi misi kota Pekanbaru khususnya dalam melayani masyarakat,” tegas Pj Wali Kota Pekanbaru.

“Memasuki tahapan Pilkada serentak tahun 2024 ini saya berpesan kepada Camat secara keseluruhan jangan lupa menjaga marwah pemerintahan, jangan sekali-kali kelembagaan dijadikan atau dijualbelikan sebagai alat politik, tapi kalau untuk secara pribadi silahkan. Jangan terpengaruh, karena kita Camat hanya memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu, Vemi Herliza menyampaikan bahwa sudah selama 6 tahun menjabat sebagai Camat di Rumbai, dari sebelum hingga telah dilakukan proses pemekaran Kecamatan di kota Pekanbaru.

“Alhamdulillah kegiatan kemasyarakatan telah banyak kami lakukan disini, sehingga perolehan prestasi pun kami terima mulai dari tahun 2022 hingga sekarang mendapatkan penghargaan menjadi kecamatan terbaik di kota Pekanbaru. Hal ini merupakan kerja sama dengan semua pihak sehingga terjalin sinergitas bersama dalam memajukan Rumbai lebih baik lagi,” sebut Vemi.

“Saya mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak diantaranya unsur RT-RW, masyarakat, PKK, BKMT, LPM, Babinsa, Babinkamtibmas, tokoh masyarakat, tokoh ulama, tokoh pemuda dan lainnya yang telah menjadi penunjang bagi kami dalam menjalankan tugas dan pekerjaan,” imbuhnya.

Vemi pun berharap kepada pejabat yang baru untuk bisa tetap menjaga hubungan silaturahmi yang baik dengan seluruh masyarakat dan rekan forkopimcam maupun pegawai yang telah membantu memajukan lingkungan diwilayah Kecamatan Rumbai.

“Untuk penunjang pekerjaan kami selama ini telah menciptakan salah satu ada aplikasi dalam menyelesaikan permasalahan yang dibutuhkan masyarakat. Jadi mohon aplikasi ini jangan dihilangkan, tetaplah digunakan dan dimanfaatkan,” tutup Vemi seraya berharap kecamatan Rumbai bisa menjadi terbaik dan menjadi pilot project program di seluruh Kecamatan se kota Pekanbaru.

Sebagai Camat Rumbai yang baru, Abdurahman menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pj Wali Kota Pekanbaru yang telah mempercayakan untuk memimpin wilayah Rumbai kedepannya.

“Kami mohon juga kerja sama kepada seluruh unsur masyarakat maupun lainnya untuk bisa membantu dalam menjalankan tugas dan pekerjaan di Kecamatan Rumbai. Kami sangat membutuhkan sekali dukungan dari semua pihak, baik ide maupun pikiran dalam memajukan wilayah Rumbai lebih baik kedepannya. Jujur ini (jabatan Camat, red) merupakan pengalaman pertama kami,” singkat Abdurahman.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelantikan Ketua TP PKK Kecamatan Rumbai, Suharni Abdurahman oleh Pj Ketua TP PKK kota Pekanbaru, Aemi Octawulandari Risnandar dan diakhiri dengan pemberian cinderamata kenang-kenangan kepada pejabat Camat Rumbai yang lama. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *