Pekanbaru, pilarbangsa.com – Paguyuban masyarakat suku Minang yang berasal dari keluarga besar Lima Puluh Kota dan Payakumbuh atau yang dikenal dengan Gonjong Limo menggelar peringatan Hari Jadi yang ke-20.

Peringatan dalam rangka merayakan ulang tahun Gonjong Limo ke-20 tersebut dilaksanakan oleh sebagian besar masyarakat perantauan yang berdomisili di Provinsi Riau.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Gonjong Limo Provinsi Riau, Zahirman Zabir SH mengatakan pelaksanaan peringatan ulang tahun Gonjong Limo ke-20 pada Sabtu, 28 Juli 2024 tersebut diawali dengan rangkaian kegiatan Rapat Kerja bersama dengan seluruh kepengurusan kabupaten/kota se Provinsi Riau.

“Terdapat 16 kecamatan dan 8 kabupaten/kota kepengurusan Gonjong Limo di Provinsi yang hadir mengikuti rapat kerja tersebut. Dengan membahas tentang keberadaan Koperasi Konsumen Syariah Gonjong Limo Provinsi Riau dan membicarakan terkait langkah serta sikap kita menghadapi Pilkada serentak tahun 2024,” ujar Zahirman.

Ia juga menyampaikan rasa syukurnya, di usia yang ke 20 tahun tersebut DPW Gonjong Limo Provinsi Riau karena hingga sampai sekarang keanggotaan terus berkembang dengan total sebanyak lebih kurang 63 ribu orang di 10 kabupaten/kota Provinsi Riau, kecuali kabupaten Meranti dan Kabupaten Rokan Hilir yang masih belum ada kepengurusan.

“Alhamdulillah organisasi yang kita cintai ini secara status legalitasnya sudah disahkan oleh Kemenkumham RI dan Kesbangpol Provinsi Riau, jadi kita bukanlah suatu organisasi yang abal-abal maka tidak perlu diragukan,” tegas Zahirman.

Ia menambahkan juga organisasi Gonjong Limo ini memiliki tujuan yang sangat positif yakni membina rasa kekeluargaan dan rasa kebersamaan diantara sesama pengurus maupun anggota.

“Ini akan menjadi modal kita bagaimana mengembangkan gonjong limo dengan baik kedepannya. Kemudian arti bermarwah dan bermartabat bermaksud bahwa keluarga besar gonjong limo mempunyai karakter, Akhlakul Karimah, sopan santun dan etika. Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, dengan pedoman falsafah Minang kabau adat bersandi Syara’, Syara’ bersandi kitabullah,” ujarnya.

Terakhir, kembali ia mengatakan sudah saatnya masyarakat gonjong limo khususnya di Provinsi Riau memperlihatkan jati diri, marwah, harkat dan martabat.

“Yaitu dengan cara tetap berpegang teguh pedoman falsafah Minang kabau adat bersandi Syara’, Syara’ bersandi kitabullah. Utamakan Akhlakul Karimah bisa menyesuaikan diri di daerahnya masing-masing dan berpartisipasi diseluruh kegiatan pemerintah daerah tempat kita tinggal dan mencari nafkah. Terus kita tingkatkan silaturahmi antar sanak saudara, dan tetap jaga persatuan dan kesatuan,” tutupnya.

Adapun untuk Peringatan Ulang Tahun ke-20 DPW Gonjong Limo Provinsi Riau mengangkat tema mari kita tetap tumbuhkan semangat kebersamaan yang bermarwah dan bermartabat.

Kegiatan diakhiri dengan pemotongan kue serta ucapan selamat sebagai bentuk rasa syukur bertambah besar dan berkembangnya DPW Gonjong Limo Provinsi Riau

Hadir juga pada kesempatan tersebut, perwakilan pemerintah Provinsi Sumatera Barat, pemerintah Provinsi Riau, organisasi masyarakat di Provinsi Riau, Bundo kanduang, dan tamu undangan lainnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *