Pekanbaru, pilarbangsa.com – Ikatan Nasional Indonesia (INI) melaksanakan Seminar Nasional Konferensi Wilayah Riau pada Sabtu, 27 Juli 2024 yang bertempat di Hotel Pangeran Pekanbaru.

Kegiatan yang diikuti kurang lebih sekitar 200 orang notaris dari beberapa Provinsi diseluruh wilayah Indonesia dibuka langsung Pj Gubernur Riau yang diwakili oleh Kepala Biro Hukum Setdaprov Riau Yan Darmadi SH, MH.

Selain itu, kegiatan ini dihadiri juga Ketua Umum DPP INI Tri Firdaus Akbarsyah SH, MH., Sekretaris Umum INI Agung Intiantoro SH, MM., Dewan Kehormatan Pusat Alwesius SH, dan para peserta.

Dalam sambutannya, Kepala Biro Hukum Setdaprov Riau Yan Darmadi SH, MH., mengatakan pemerintah Provinsi Riau sangat menyambut baik keberadaan organisasi INI di Provinsi Riau, karena memiliki tujuan untuk menegakkan kebenaran dan keadilan serta terpeliharanya keluhuran martabat jabatan notaris sebagai pejabat umum dalam rangka pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Menurut Karo Hukum Pemprov Riau ini, Ikatan Notaris bukan hanya sekedar organisasi profesi tetapi menjadi tempat berkumpulnya para pencerah dan pengayom bagi masyarakat terutama menyangkut dengan kepastian hukum.

“Peran notaris dalam masyarakat sangatlah penting dalam menjaga keadilan, keabsahan, dan kepastian hukum. Mengingat notaris memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa setiap transaksi hukum yang dilakukan oleh berjalan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku,” sebut Yan Darmadi.

“Oleh karena itu saya berharap kepada rekan-rekan notaris agar senantiasa menjalankan tugas dan kewenangannya dengan penuh integritas, profesional, dan kejujuran. Saya juga berharap Ikatan Notaris Indonesia khususnya di Provinsi Riau dapat terus berupaya mengasah dan mempertajam kembali peran kenotariatan, karena notaris memiliki tanggung jawab besar dalam menyusun akta-akta yang menjadi dasar pembuatan sertifikat tanah,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP INI Tri Firdaus Akbarsyah SH, MH mengatakan dengan adanya Konferensi Ikatan Notaris Indonesia diwilayah Provinsi Riau akan memberikan banyak materi dibutuhkan oleh anggota, yang dapat menambah dan meningkatkan ilmu pengetahuan, wawasan, dan profesionalisme sesama anggota.

“Khususnya yang berkaitan dengan badan hukum hukum serta meningkatkan rasa kebersamaan antar anggota, sehingga peduli dan rasa memiliki anggota terhadap organisasi ini,” sebut Tri Firdaus.

Ia menyebutkan bahwa Konferwil ini merupakan suatu bentuk pelaksanaan dari konstitusi organisasi yang diamanatkan dalam AD/ART Ikatan Notaris Indonesia, tentang pemilihan Ketua, anggota, dan Dewan Kehormatan Wilayah yang menyusun program kerja kedepan.

“Mudah mudahan Konferwil ini bisa merumuskan suatu keputusan dalam memilih kepengurusan, dan menjalankan program kerja sesuai amanah kongres ke 24 serta keinginan dan aspirasi anggota. Oleh karena diharapkan dalam pemilihan ini bisa berlangsung secara demokratis, konstitusional, tertib, damai serta rasa kekeluargaan, dan tetap menjaga kehormatan serta menjunjung tinggi keluhuran profesi kita,” tutupnya.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Ikatan Notaris Indonesia Provinsi Riau kerja sama dengan Universitas Lancang Kuning tentang pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *