Kampar Kiri Hulu, pilarbangsa.com – Pj Bupati Kampar Hambali memimpin upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 Kodim 0313/KPR di lapangan sepakbola mini gelora 45 Desa Gema, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Rabu (24/7/2024).

TMMD ke-121 Kodim 0313/KPR berlangsung 24 Juli – 22 Agustus di Desa Tanjung Belit Selatan Kecamatan Kampar Kiri Hulu.

TMMD ke-12 ini akan dilaksanakan pembangunan infrastruktur, pembangunan rumah layak huni dan sarana prasarana lain. Selain pembangunan fisik juga pembangunan non fisik dengan mengedukasi masyarakat tentang wawasan kebangsaan, bahaya narkoba dan lainnya.

Untuk diketahui dalam TMMD kali ini yang menjadi target dan sasaran antara nya pengupasan dan base jalan sepanjang 9.270 meter. Pembangunan gorong-gorong 9 unit, perbaikan box culvert 2 unit.

Sementara selanjutnya rehab MCK 3 unit, pembangunan sumur bor tiga unit, penanaman 2.000 pohon, pembersihan lingkungan, parit/selokan, rehab Mushala Al Muhajirin, BAAS Stunting 10 paket, dan ketahanan pangan 3 hektare.

Pj Bupati Kampar Hambali mengatakan, dipilihnya Desa Tanjung Belit Selatan Kecamatan Kampar kiri Hulu untuk lokasi TMMD ke-121 Kodim 0313/KPR karena daerah sulit yang butuh bantuan akses jalan. Banyak juga masyarakatnya yang perlu dibantu untuk rumah layak huni.

“Selain untuk bantuan infrastruktur, masyarakat juga perlu pembinaan wawasan.Banyak desa di daerah Kampar Kiri Hulu ini agak terisolir karena masuk kawasan Suaka Marga Satwa. Karena itu, melalui TMMD ke-121 Kodim 0313/KPR ini akan membantu pembangunan fisik dan non fisik,” jelas Hambali saat ditemui usai upacara pembukaan TMMD ke-121 di Desa Gema.

Hambali berharap dengan TMMD ke-121 ini terbuka akses penghubung masyarakat di Desa Tanjung Belit Selatan dan Kampar kiri Hulu.

Warga Kampar Kiri Hulu bisa menikmati kemerdekaan yang sesungguhnya.

“Kasihan juga masih banyak warga Kampar Kiri Hulu menggunakan Sungai Subayang untuk transportasi,” tegas Hambali.

Sementara itu, Danrem 031/WB diwakili Kasi Ter Letkol Inf Nunung Wahyu Nugroho SE MSi menjelaskan, dalam rangka TMMD ke-121 sesuai dengan tema Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah, out put yang dihasilkan sinergitas TNI, Polri, pemerintah daerah bersama masyarakat untuk memajukan kesejahteraan masyarakat.

“Membangun infrastruktur jalan, pengerasan jalan, pembangunan rumah tidak layak huni. Serta program unggulan Bapak Kasad TNI yaitu pembangunan sarana air bersih yang sangat dibutuhkan masyarakat. Sehingga akses pembangunan ini bisa dirasakan masyarakat,” harap Nunung Wahyu Nugroho.

Nunung Wahyu Nugroho berharap prajurit yang terlibat di TMMD ke-121 ini bisa berbaur dengan masyarakat, pemerintah desa, tokoh masyarakat sehingga terjalin kelompok dalam membangun desa.

“Kita juga mengedukasi masyarakat dengan program pembangunan non fisik yaitu generasi muda dan tokoh masyarakat untuk cinta tanah air, lingkungan dan bahaya narkoba,” tegas Nunung Wahyu Nugroho.

Dandim 0313/KPR Letkol Inf Setiawan Hadi Nugroho SH MIP menambahkan, Satgas TMMD ke-121 ini tergabung TNI AL, TNI AU, Batalyon, Polri, Satpol Kampar, BPBD Kampar bergabung bersama-sama untuk membangun fisik dan non fisik di Desa Tanjung Belit Selatan inim

“Saya melihat masih minim masyarakat Kampar Kiri Hulu yang menjadi prajurit TNI dan Polri. Kita sudah bicara dengan Pak Pj Bupati, Pak Camat Kampar Kiri Hulu.Kita akan melaksanakan pengkaderan untuk generasi penerus di Kampar kiri Hulu ini untuk menjadi prajurit TNI dan Polri,” harap Setiawan Hadi Nugroho.

Hadir pada kegiatan ini Pj. Bupati Kampar, H. Hambali. SE. MH, Dandim 0313/KPR, Letkol Inf Setiawan Hadi Nugroho SH MIP Danyonif 132/BS, Letkol Inf Bambang Budi Hartanto, Danrem 031/WB diwakili Kasi Ter, Letkol Inf Nunung Wahyu Nugroho. SE. M. Si, Danlanal Dumai yang diwakili Danposal Bagan Siapi-api, Letda Laut (S) Alfian Hadi Akbar.

Danlanud yang diwakili Dansat Hanlan Letkol POM Yudi Faizar, Wadan Zibang Mayor Czi Istamar, Waka Polres Kampar Kompol Andi Cakra SIK, Waka Polres Rohul Kompol Rahmat Hidayat SIK, Datuk Kholifah Kuntu Buyung Herizal, Camat Kampar Kiri Hulu Bustamar, Para Kepala OPD Kabupaten Kampar, para Danramil jajaran Kodim 0313/KPR dan Kapolsek Kampar Kiri Kompol M Daud SH. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *