Info, pilarbangsa.com – PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Sultan Syarif Kasim II (SSK II) menginformasikan bahwa sistem teknologi dan informasi (information and technology) milik maskapai saat ini sudah kembali normal.

Sistem IT milik beberapa maskapai pada Jumat, 19 Juli 2024 mengalami gangguan, karena dampak gangguan sistem IT secara global.

Beberapa maskapai penerbangan seperti Citilink, AirAsia, dan Scoot Tiger mengalami dampak dari gangguan teknis pada layanan dan aplikasi Microsoft, yang sebelumnya berdampak pada pelanggan global layanan cloud Azure dan aplikasi Office365 milik Microsoft.

Sistem IT di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru saat ini telah berjalan dengan normal untuk mendukung operasional penerbangan dan pelayanan kepada penumpang pesawat.

Meskipun terjadi gangguan sistem IT di sejumlah negara yang mempengaruhi beberapa maskapai penerbangan, namun operasional di Bandara SSK II Pekanbaru tetap aman terkendali, karena telah diantisipasi menggunakan aplikasi untuk manual boarding pass dan bag tagging.

Pada hari Jumat, penerbangan Citilink dengan nomor penerbangan QG 939 dari PKU ke CGK yang dijadwalkan berangkat pukul 14.20 WIB dengan jumlah penumpang sebanyak 177 orang sempat terdampak selama 20 menit karena peralihan dari sistem otomatis ke manual.

Proses check-in dilakukan secara manual untuk sekitar 60 penumpang. Sementara penerbangan AirAsia AK 429 dari PKU ke KUL yang dijadwalkan berangkat pukul 16.10 WIB mengalami keterlambatan sekitar 40 menit. Namun, secara keseluruhan, operasional tetap aman terkendali.

“Selama terjadi gangguan sistem IT beberapa maskapai ini, proses check-in penumpang dan bagasi dilakukan secara manual oleh personel maskapai, khusus bagi maskapai yang mengalami gangguan sistem IT,” kata Radityo Ari Purwoko, EGM Bandara SSK II Pekanbaru, yang dikenal dengan sebutan Oki, pada Jumat (19/7).

Tim IT maskapai mengantisipasi antrian dengan membuat aplikasi manual untuk check-in dan menyiapkan bag tag manual sehingga proses check-in dapat diatasi dengan baik.

Alhamdulillah, pagi ini sistem cloud sudah normal kembali. Pada pagi ini pihak Bandara SSK II Pekanbaru sudah memonitor dan berkoordinasi dengan maskapai perihal uji coba pada aplikasi Citilink, AirAsia, dan Scoot, dan Alhamdulillah sudah mulai online kembali. Proses check-in Citilink pagi ini sudah berjalan lancar.

“Pihak maskapai dan pihak Bandara SSK II masih melakukan pemantauan bersama tim yang bertugas pagi ini. Namun, kami tetap menghimbau kepada calon penumpang pesawat agar dapat tiba lebih awal di bandara untuk memproses keberangkatan dan berkoordinasi dengan maskapai,” tambah Oki.

Dengan proses pemulihan sistem IT ini, maka diharapkan operasional penerbangan dan pelayanan kepada penumpang di Bandara SSK II Pekanbaru dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala berarti. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *