Pekanbaru, pilarbangsa.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Tampan di Kecamatan Bina Widya dan Kecamatan Tuah Madani melaksanakan kegiatan bakti sosial donor darah massal.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Bina Widya pada Senin, 15 Juli 2024 dibuka langsung oleh Camat Bina Widya Indah Vidya Astuti S.STP., dan didampingi oleh Ketua PMI Tampan Hj.Dra.Liswarti dan pengurus lainnya.

Camat Bina Widya mengajak kepada seluruh masyarakat di Kecamatan Bina Widya agar dapat bersedia untuk menyumbangkan sebagian darah, karena menurutnya darah yang diberikan dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan.

“Kita sangat berharap kepada masyarakat agar dapat bersosial untuk mendonorkan darahnya, karena suatu saat kita sendiri pasti akan membutuhkan darah juga,” himbau Camat.

“Jadi saya yakinkan kembali kepada masyarakat bahwa donor darah ini dapat memberikan manfaat bagi tubuh kita juga, serta secara tidak langsung membantu antar sesama kita. Untuk itu, mari kita memberanikan diri untuk menyumbangkan darah kita, jangan takut,” tutupnya seraya.

Sementara itu, Ketua PMI Tampan Hj.Dra.Liswarti mengatakan bahwa kegiatan bakti sosial ini merupakan aktivitas rutin setiap bulannya, dengan sasaran di dua Kecamatan yakni Bina Widya dan Tuah Madani.

“Alhamdulillah mulai dari pagi tadi kami membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya. Kami menargetkan untuk kegiatan bakti sosial ini mengumpulkan sekitar kurang lebih 100 kantong darah, Insya Allah tercapai karena hingga saat ini sudah hampir separuhnya terkumpul,” sebut Liswarti.

Liswarti juga menyampaikan bahwa kegiatan ini bekerja sama dengan beberapa Rumah Sakit diantaranya, Rumah Sakit Awal Bros Panam dan Rumah Sakit Prima.

“Serta kita juga telah bekerja sama dengan dua Universitas yakni UNRI dan UIN. Selain itu kita juga mempunyai beberapa grup pendonor di media sosial, sehingga upaya ini dapat membantu kami dalam memenuhi kebutuhan stok darah khususnya diwilayah Kecamatan Bina Widya dan Kecamatan Tuah Madani,” sebut Liswarti.

Tidak dipungkiri juga, Liswarti menyebutkan untuk kebutuhan darah bagi masyarakat diwilayah Kecamatan Bina Widya dan Tuah Madani masih kekurangan.

Karena menurutnya, tingkat kepadatan penduduk diwilayah tersebut sehingga banyak menemukan masyarakat yang membutuhkan darah ketika dalam keadaan kondisi sakit, baik dirawat di Rumah Sakit maupun dirawat jalan.

“Disini kita sangat kewalahan sekali, yang susahnya kita mencarikan kebutuhan masyarakat untuk jenis darah golongan A+ dan B+, stok darah ini sangat kurang sekali di kita. Maka pada saat ini kami mengajak seluruh masyarakat di Kecamatan Bina Widya dan Kecamatan Tuah Madani, mari kita berbagi darah dengan sesama, karena setetes darah bisa menyelamatkan jiwa seseorang,” ujar Liswarti.

“Terakhir kami mengingatkan kembali agar masyarakat bisa membantu sesama dengan mendonorkan sebagian darahnya. Dan kami pun mengajak dan berharap kepada para pengusaha maupun perusahaan-perusahaan untuk bisa menyumbangkan sebagian dana CSR yang dikhususkan untuk diberikan kepada para pendonor, seperti sembako yang diterima kepada para pendonor,” tutupnya sembari mengucapkan rasa terima kasih kepada Ketua LPM kota Pekanbaru dan jajarannya. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *