Pekanbaru, pilarbangsa.com – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 kota Pekanbaru pada Senin, 15 Juli 2024 menggelar Pembukaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA)

Kegiatan MATSAMA dilaksanakan di Lapangan MAN 3 Kota Pekanbaru dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kemenag kota Pekanbaru Drs.H.Syahrul Mauludi, M.A yang diikuti oleh 324 orang siswa dan siswi.

Adapun tujuan pelaksanaan MATSAMA tersebut yang dilakukan selama tiga hari mulai dari tanggal 15 Sampai dengan 17 Juli 2024 yaitu untuk memfasilitasi siswa dan siswi baru dalam mengenalkan seluruh program-program pendidikan di MAN 3 kota Pekanbaru.

Kepala Kantor Kemenag kota Pekanbaru dalam sambutannya menyampaikan bahwa siswa dan siswi yang lulus dan masuk ke MAN 3 kota Pekanbaru generasi terbaik yang berhasil lulus dari proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan berbagai proses penyaringan yang ketat.

“Pergunakanlah seluruh potensi yang ada dalam diri kalian untuk mengharumkan nama Madrasah ini,” pesan Syahrul Mauludi seraya menyampaikan harapannya kepada seluruh siswa dan siswi di MAN 3 kota Pekanbaru.

Ia pun juga menyarankan kepada siswa-siswi yang baru bergabung duduk di kelas X MAN 3 kota Pekanbaru agar dapat segera menyesuaikan diri terhadap lingkungan sekolah dengan selalu mentaati dan mengikuti peraturan di sekolah.

“Kepada putra-putri kami yang akan belajar di MAN 3 Pekanbaru sekolah yang kita cintai ini agar sekiranya bisa langsung beradaptasi dengan lingkungan dan suasana yang baru ini, kenali teman-teman mu, hormatilah guru-guru mu, dan ikuti sistem pola pembelajaran di Madrasah ini,” sebut Syahrul.

“Karena saya yakin dengan cepat mengenali dan memahami tempat kita mencari serta menimba ilmu disini, maka akan mewujudkan MAN 3 yang hebat dan tentunya butuh bagi kita bersama-sama membangun madrasah yang kita cintai ini. Saya juga berpesan kepada siswa-siswi kelas XI dan XII agar dapat menjadi tauladan yang baik bagi adik-adiknya, tularkan semangat prestasi kepada mereka,” tutup Kakan Kemenag kota Pekanbaru.

Sementara itu, Kepala MAN 3 kota Pekanbaru H.Marzuki M.Ag menyampaikan kepada siswa-siswi khususnya kelas X untuk bisa menanamkan jiwa yang penuh semangat dan berjuang untuk memajukan Madrasah kedepannya.

“Semoga Ananda sekalian bisa menjadi calon orang-orang yang hebat, kader cendekiawan dan ilmuwan yang terlahir dari MAN 3 kota Pekanbaru,” harap Marzuki.

“Maka dengan demikian kita dapat melihat bahwa MAN 3 Pekanbaru ini sangat luar biasa, terus berkembang dari semua sisi, mulai dari peningkatan jumlah peserta didik maupun bertambahnya nilai-nilai prestasi yang ditorehkan oleh siswa-siswi,” tutupnya sembari bertekad akan membawa MAN 3 kota Pekanbaru dari angka 3 menjadi angka 1 dalam mencapai prestasi di segala hal.

Selanjutnya, kegiatan pelaksanaan Pembukaan MATSAMA ditutup dengan penampilan Drama Musikal yang dimeriahkan oleh siswa-siswi MAN 3 kota Pekanbaru yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS. (*)

Editor : Mirza Yamoli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *