Pekanbaru, pilarbangsa.com – Pemerintah kota Pekanbaru melalui Dinas Pendidikan melaksanakan kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (02SN) tingkat SD se Kecamatan kota Pekanbaru.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, 09 Juli 2024 tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) kota Pekanbaru Dr.Abdul Jamal M.Pd serta didampingi oleh Plt. Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar (Kabid SD) Sardius M.Pd, dan para Kasi dan Staf.

Untuk diketahui, pelaksanaan O2SN tingkat SD dilingkungan Dinas Pendidikan kota Pekanbaru ini merupakan suatu kegiatan rutin yang digelar setiap tahunnya.

Hal ini sangat penting, mengingat penyelenggaraan O2SN ini merupakan salah satu wadah yang berguna mengapresiasikan kebutuhan non akademik bagi siswa yang memiliki bakat dan minat, khususnya dibidang olahraga.

Kadisdik kota Pekanbaru melalui Plt.Kabid Pembinaan SD, Sardius M.Pd mengatakan kegiatan O2SN ini juga merupakan momentum yang sangat tepat dan berharga bagi anak-anak untuk mengkreasikan dirinya dalam berkompetisi dengan menunjukkan inovasi-inovasi demi meraih suatu prestasi.

“Sekaligus hal ini untuk memberikan pengalaman belajar yang baik, belajar bekerja sama, mematuhi aturan-aturan permainan, mengakui kelemahan diri dan kemampuan orang lain melalui kompetisi kejuaraan,” ujar Sardius.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kondisi kesehatan jasmani siswa sehingga dapat menunjang peningkatan kualitas akademis di sekolah, juga bertujuan meningkatkan prestasi siswa di bidang olahraga,” imbuhnya.

Ia juga menyebutkan kegiatan yang dilaksanakan hanya satu hari ini, diikuti sebanyak 149 siswa-siswi dari setiap Sekolah Dasar di 15 Kecamatan kota Pekanbaru dengan enam cabang olahraga (cabor).

“Cabang olahraga yang dipertandingkan ada enam yakni Atletik, Taekwondo, Silat, Renang, Badminton, dan Senam. Kami tahun ini bisa masuk sebagai juara umum ditingkat Provinsi Riau bahkan tingkat Nasional,” jelas Sardius.

“Kami berpesan kepada anak-anak kami untuk terus berjuang dan bersemangat dalam berkompetisi. Kembali kami ingatkan, O2SN merupakan sesuatu yang membanggakan dalam mengembangkan bakat dan minat anak khususnya anak-anak dibidang olahraga ditingkat Sekolah Dasar di Kota Pekanbaru,” tutupnya. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *