Pekanbaru, pilarbangsa.com – Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP untuk tahun ajaran 2024-2025 di kota Pekanbaru berjalan lancar.

Untuk di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 47 Pekanbaru terlihat antusias masyarakat sekitar untuk memasukkan anak-anaknya.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 47 Pekanbaru Agus Warsita S.Pd mengatakan untuk tahun ajaran baru ini menerima sekitar 5 (lima) lokal dengan total 160 orang calon siswa-siswi melalui sistem online.

“Untuk di hari ke empat ini kurang lebih sudah terdaftar kurang lebih 300 orang murid. Namun apabila ada yang kurang beruntung kami minta ma’af belum bisa menerimanya, karena melihat situasi pertumbuhan penduduk diwilayah kita ini,” ujar Agus.

Sampai dengan hari ini menurut Agus masih aman dan terkendali, ia mengatakan dalam pelaksanaan PPDB panitia pelaksana terus menjalankan petunjuk teknis sesuai arahan Dinas Pendidikan kota Pekanbaru.

“Insya Allah kami jamin tidak ada satu pun hal dugaan penyalahgunaan data yang dapat menimbulkan kerugian bagi masyarakat. Disini kita layani dengan baik, bagi orang tua yang tidak bisa mendaftar online akan kita bimbing dengan sistem manual atau offline. Silahkan datang ke sekolah kita tunjukkan bagaimana titik koordinat dan selanjutnya,” sebut Agus.

Dari banyaknya minat masyarakat untuk mendaftarkan anaknya, tentu tidak seimbang dengan kemampuan kuota dari saya tampung di SMPN 47 Pekanbaru tersebut.

Maka sebagai Kepala Sekolah, Agus berupaya untuk dapat memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat, sehingga keinginan dalam memenuhi kebutuhan pendidikan bagi anak-anak dapat terpenuhi.

“Solusinya bagi yang masyarakat yang tidak mendapatkan tempat, maka Dinas Pendidikan telah bekerja sama dan berkomitmen dengan pihak-pihak sekolah swasta. Terdapat empat sekolah swasta yang menandatangani kesepakatan bersama, diantaranya SMP YLPI, SMP Telkom, SMP Tri Bakti, dan SMP Taruna. Jadi, sekolah swasta ini akan memberlakukan sama seperti sekolah negeri, tanpa ada uang masuk dan uang bulanan alias gratis,” sebutnya.

Ia mengatakan juga dilingkup SMP Negeri 47 Pekanbaru ini terdapat beberapa jalur, diantaranya yang sudah mendaftar dan terverifikasi yaitu Jalur Zonasi sebanyak 269 orang, Jalur Afirmasi ada 12 orang, Jalur Perpindahan tugas 10 orang, Jalur Prestasi Akademik 2 orang, dan Jalur Prestasi non Akademik 2 orang jumlah total yang sudah terverifikasi 295 orang diseluruh Jalur.

“Dan data hingga hari ini yaitu Jalur Zonasi 283 orang, Jalur Afirmasi 12 orang, Jalur Perpindahan 12 orang, Jalur Prestasi Akademik 5 orang, dan Jalur Prestasi non Akademik 2 orang. Jumlah total 314 orang,” jelas Agus.

“Saya yakin dan percaya untuk pelaksanaan PPDB online tahun ini sangat bagus dan sudah sesuai dari harapan masyarakat. Karena kita disini telah ditegaskan oleh Dinas Pendidikan untuk tidak melakukan pungutan selama penerimaan siswa maupun menjalankan ketentuan peraturan lainnya,” tutupnya. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *