Info, pilarbangsa.com – Mantan Menteri Negara Pendayagunaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Tanri Abeng meninggal dunia pada Minggu, 23 Juni 2024.

Kabar duka ini salah satunya disampaikan oleh mantan Sekretaris Kementerian BUMN Muhammad Said Didu dan Biofarma.

“Innalillahi wainnaa ilaihi raji’un, segenap keluarga besar Bio Farma Group berdukacita atas berpulangnya Bapak Tanri Abeng, Komisaris Utama Bio Farma,” cuitan di akun X Biofarma.

Sementara menurut Menteri BUMN Erick Thohir, Tanri Abeng merupakan sosok yang berjasa besar bagi negeri ini.

“Innalillahi wainna ilaihi raji’un. Berduka yang dalam atas wafatnya Menteri BUMN pertama, Pak Tanri Abeng. Sosok yang berjasa besar untuk negeri ini,” ujar Erick Thohir.

Tantri Abeng University juga menyampaikan kabar duka ini. Universitas menyampaikan rasa duka mendalam atas kepergian Tanri Abeng, yang merupakan Sang Guru Manajemen.

Beliau adalah tokoh besar yang telah memberikan sumbangsih luar biasa bagi dunia pendidikan dan pembangunan bangsa.

“Kepemimpinannya, warisan visi dan semangatnya akan selalu hidup dalam diri kami dan seluruh sivitas akademika TAU. Selamat jalan, Pak Tanri. Terima kasih atas segala ilmu dan inspirasi yang telah Bapak bagikan,” tulis Tanri Abeng University.

Tanri Abeng meninggalkan dunia pada usia 82 tahun. Diinformasikan tutup usia pada pukul 02.39 dini hari tadi di RS Medistra Jakarta.

Besar sebagai pengusaha, Tantri Abeng pernah menjabat sebagai Menteri Negara Pendayagunaan BUMN pada Kabinet Pembangunan VII dan Kabinet Reformasi Pembangunan.

Tanri Abeng dilahirkan di sebuah desa di Pulau Selayar, Celebes. Pada usia 10 tahun kedua orangtuanya meninggal dan ia dikirim untuk tinggal dengan kerabat di Makassar.

Setelah menyelesaikan pendidikan SLA, dia sempat berangkat ke Amerika Serikat dalam program American Field Service (AFS) Exchange program.

Ketika ia pulang kembali ke Makassar, ia melanjutkan sekolahnya di Universitas Hasanuddin.

Pada Tahun 1991 memasuki dunia politik, dan mewakili Partai Golkar di MPR. Tahun 1998 ditunjuk oleh Presiden Soeharto sebagai Menteri Negara Pendayagunaan BUMN pada Kabinet Pembangunan VII.

Tahun 2004 menjadi Komisaris Utama PT Telkom Indonesia. Pada 2010, Tanri Abeng menyelesaikan pendidikan Doktor dalam Ilmu Multidisiplin dari UGM. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *