Pekanbaru, pilarbangsa.com – Tahapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK Negeri di Riau akan dimulai pada Jumat (21/6/2024) besok.

Tahapan PPDB ini disebut sebagai tahapan pra pendaftaran, Plt Kepala Dinas Pendidikan Riau Roni Rakhmat mengatakan pada tahapan pra pendaftaran ini, peserta didik sudah bisa mulai mengunggah dokumen-dokumen persyaratan PPDB melalui aplikasi yang sudah disiapkan oleh panitia dan dapat mengakses website ppdb.riau.go.id.

“Tahapan PPDB SMA/SMK sudah dimulai, para calon siswa sudah mulai bisa mengupload dokumen,” katanya.

Setelah unggah dokumen, kemudian pada 24-29 Juni, peserta didik yang sudah mendaftar bisa memilih sekolah yang diinginkan.

Khusus bagi peserta didik yang mendaftar di SMK, selain milih sekolah, peserta didik juga harus memilih jurusan yang diinginkan.

“Khusus untuk yang mendaftar di SMK, peserta didik bisa memilih jurusan berbeda di sekolah yang sama apabila mengambil jalur di luar rangking,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, setelah memilih sekolah, pada tanggal 30 Juni 2024 tahapan PPDB masuk ke proses rekonsiliasi data.

“Sesuai jadwal pada tanggal 1 Juli 2024 kita akan umumkan penetapan hasil seleksi PPDB Riau tahun 2024 untuk tingkat SMA dan SMK negeri di Provinsi Riau,” ujarnya. *(mcr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *