Info, pilarbangsa.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi secara resmi membuka Jakarta Fair di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Rabu malam,12 Juni 2024.

Jakarta Fair merupakan agenda tahunan untuk menyambut HUT Kota Jakarta.

Penyelenggaraan tahun ini merupakan yang ke- 55. Acara tahun ini akan berlangsung selama 33 hari mulai 12 Juni sampai dengan 14 Juli 2024.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan Jakarta Fair ternyata telah ditunggu-tunggu warga Ibu Kota maupun Jabodetabek.

Kepala negara menyoroti paket komplit event rutin ini mencakup pertunjukan musik hingga kuliner.

“Juga di sini ada wahana permainan, parade karnaval, ini yang menarik dari Jakarta Fair,” kata Jokowi.

Berlangsung sejak 1968, Jakarta Fair sempat vakum dua tahun saat pandemi Covid-19 pada 2020-2021.

Tahun ini, malam pembukaan Jakarta Fair di area panggung utama dimeriahkan oleh pesta kembang api dan penampilan musik dari duo penyanyi, OKAAY.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koperasi Teten Masduki, Panglima TNI Agus Subiyanto, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, dan Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono mendampingi Presiden Jokowi saat membuka Jakarta Fair 2024.

Direktur Marketing PT Jakarta International Expo Ralph Scheunemann menyebut harga tiket masuk dijual mulai Rp 40 ribu pada hari Senin hingga Rp 50 ribu di akhir pekan.

Sementara tiket masuk gabungan (bundling) pameran dan konser dijual bervariasi mulai Rp80 ribu hingga Rp180 ribu.

“Komposisi persentase peserta yakni 60 persen dari sektor swasta dan 40 persen dari sektor UMKM. UMKM ini juga beragam ada yang binaan dari pemerintah, maupun UMKM swasta,” kata Ralph.

Pameran Jakarta Fair di Kemayoran tahun ini diikuti oleh 2.550 perusahaan peserta yang terdiri dari 1.550 stan yang memamerkan berbagai produk unggulan.

Berbagai produk UMKM serta koperasi dari berbagai provinsi di Indonesia akan menempati Hall-B3 dan C3, serta tersebar di berbagai titik di seluruh penjuru arena pameran.

Peserta Jakarta Fair akan memamerkan produk dari berbagai sektor industri seperti otomotif mobil dan sepeda motor, gadget dan komputer serta alat olah raga. Produk fesyen dan garmen, perlengkapan rumah tangga, furnitur, barang-barang elektronik, kuliner, industri kreatif, kerajinan tangan, herbal dan obat-obatan, perbankan, produk jasa, kosmetik juga bakal terpampang di Jakarta Fair. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *