Info, pilarbangsa.com – Mengalami kondisi bau mulut tentu sangat tidak mengenakan.

Selain membangun rutinitas kebersihan mulut yang komprehensif, mengonsumsi makanan dan minuman ini dapat membantu menghilangkan bau mulut seperti dilansir laman Well and Good, Selasa 11 Juni 2024 kemarin.

1. Buah dan sayuran renyah

Menurut dokter gigi kosmetik yang berbasis di New York City, Michael Wei, buah-buahan dan sayuran renyah, seperti apel, wortel, dan seledri, dapat membantu merangsang produksi air liur yang merupakan kunci untuk mencegah bau mulut.

“Makanan ini membantu merangsang produksi air liur, yang penting untuk menetralkan asam dan membersihkan partikel makanan dan bakteri di mulut. Air liur juga mengandung mineral yang membantu melindungi email gigi,” ujarnya.

2. Jahe

Ortodontis dan pendiri BOCA Orthodontic + Whitening Studio, Erin Fraundorf merekomendasikan konsumsi jahe untuk membantu menetralisasi beberapa bakteri penyebab bau di mulut Anda.

Faktanya, jahe mengandung 6-gingerol, senyawa yang merangsang enzim yang secara alami memecah bakteri berbau busuk.

3. Makanan kaya probiotik

Dengan membayar berita, Anda telah menjadi pendukung jurnalisme berkualitas.

Kita bisa menjadi aliansi yang kuat membangun Indonesia yang lebih baik.

Kedua dokter tersebut menyarankan untuk mengonsumsi makanan kaya probiotik yang dapat membantu mendukung mikrobioma mulut yang sehat.

“Makanan kaya probiotik seperti yogurt dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di mulut, yang penting untuk mengendalikan bakteri penyebab bau,” kata Wei.

4. Herbal

Menurut Fraundorf, jenis herbal tertentu dapat membantu menghilangkan bau mulut.

“Peterseli mengandung klorofil yang terbukti memiliki efek penghilang bau karena dapat membunuh bakteri jahat di mulut. Beberapa tumbuhan lain yang terbukti dapat meningkatkan pernapasan, antara lain spearmint, ketumbar, biji adas, cengkeh, dan adas manis,” katanya.

5. Permen karet tanpa gula

Wei dan Fraundorf keduanya merekomendasikan konsumsi permen karet bebas gula untuk bau mulut yang lebih baik.

Studi menunjukkan bahwa gigi berlubang jauh lebih rendah pada pasien yang mengunyah permen karet bebas gula selama dua puluh menit setelah makan.

“Mengunyah permen karet bebas gula meningkatkan aliran air liur dengan menstimulasi reseptor mekanik dan rasa di mulut. Air liur membantu membersihkan partikel makanan serta mengencerkan dan menetralkan asam yang dihasilkan oleh bakteri plak pada gigi, sehingga mengurangi gigi berlubang, noda, dan bau mulut,” kata Fraundorf.

6. Teh hijau

Teh hijau mengandung polifenol , yaitu senyawa dengan sifat antioksidan yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut, kata Wei.

“Ia juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan gusi,” katanya.

7. Air

H2O biasa juga dapat membantu meningkatkan pernapasan.

“Tetap terhidrasi dengan minum banyak air membantu membersihkan partikel makanan dan bakteri di mulut. Ini juga membantu merangsang produksi air liur, yang penting untuk menjaga kesehatan mulut,” kata Wei. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *