Info, pilarbangsa.com – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. H. Muhammad Ali S.E., M.M., M.Tr.Opsla., menerima penganugerahan gelar adat Datuk Seri Segara Utama Setia Wangsa dari  Lembaga Adat Melayu Riau (LAM Riau) pada Rabu, 5 Juni 2024 di Balai Adat Melayu Riau.

Gelar ini diberikan LAM Riau karena melihat kepemimpinan Tuan Laksamana TNI Dr. H. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., sebagai Kasal telah menempatkan TNI Angkatan Laut Indonesia menjadi militer terkuat ke 4 di dunia.

Serta dinilai berprestasi oleh institusi TNI sepanjang tugasnya, dimana setidaknya ada 22 penghargaan bintang tanda jasa dari pemerintah dan institusi TNI yang diberikan.

Lembaga Adat Melayu Riau sepatutnya berbangga hati karena semenda/pertalian keluarga orang Melayu, meniti karir di angkatan laut dimana Kasal pernah bertugas sebagai Danlanal Dumai dan Komandan di Perairan Indonesia Bagian Barat (Pangkoarmada I), pernah menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I hingga mencapai puncak karir tertinggi di TNI Angkatan Laut yaitu sebagai Kepala Staf Angkatan Laut.

Dan tidak kalah pentingnya yang menjadi pertimbangan adalah Tuan Laksamana TNI Dr. H. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., menikah dengan Fera Muhammad Ali yaitu perempuan yang lahir di tanah Melayu, tepatnya kelahiran Tarempa, Kepulauan Riau.

Dalam budaya Melayu, sebuah nama dan gelar akan termuat kisah, doa, harapan, dan bahkan kenangan.

Oleh karenanya, segala nama dan gelar itu, dihubungkan dengan sesuatu yang baik dan mulia, dan berharap kebaikan dan kemuliaan tersebut, menjadi sesuatu yang nyata dalam kehidupan, menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain serta sejalan dengan amanah nama yang diembannya.

Setelah melalui prosesi penganugerahan adat, Tuan Laksamana TNI Dr. H. Muhammad Ali S.E., M.M., M.Tr.Opsla berhak menyandang Gelar Adat selama masa hidupnya dan berhak dipanggil dengan sapaan kehormatan Datuk Seri. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *