Pekanbaru, pilarbangsa.com – Madrasah Tsanawiyah (Mts) Negeri 3 Pekanbaru pada Kamis, 30 Mei 2024 melaksanakan rangkaian kegiatan Haliatul Ikhtitam atau perpisahan kelas IX Tahun Ajaran 2023-2024.

Untuk perpisahan kelas IX tersebut merupakan angkatan yang ke-14 dengan melepas anak didik sebanyak lebih kurang 330 orang siswa-siswi, dalam hal ini langsung dilakukan penyerahan kepada orang tua murid mengingat anaknya telah belajar selama 3 tahun di MTs Negeri 3 Pekanbaru

Kepala MTs Negeri 3 Pekanbaru Sukeimi S.Pd, M.Pd menyampaikan bahwa pelaksanaan perpisahan tersebut merupakan kesepakatan bersama antara sesama orang tua murid.

“Mereka orang tua murid kelas IX bersama komite sekolah telah melakukan bermusyawarah. Dan kita pihak sekolah hanya mengusulkan tempat pelaksanaannya, Alhamdulillah telah ditetapkan hari dan tempat pelaksanaannya,” ujar Sukeimi.

Ia jelaskan juga untuk tamatan angkatan ke-14 tahun ajaran 2023-2024 ini terdapat banyak tempat acuan rekomendasi untuk melanjutkan pendidikan bagi anak didik yang telah lulus nantinya.

Diantaranya menurut Sukeimi yakni 9 (sembilan) orang akan masuk ke MAN IC Kabupaten Siak, 70 (tujuh puluh) orang masuk ke MAN 1 Pekanbaru, 50 (lima puluh) orang di MAN 2 Pekanbaru, dan beberapa lainnya tersebar di SMA/SMK favorit di kota Pekanbaru Provinsi Riau.

“Dan untuk prestasi non akademik anak-anak kita telah meraih penghargaan tingkat nasional, yaitu sebanyak 5 orang atlit Taekwondo meraih medali emas di iven Inter Student Nasional, meraih medali perunggu bidang Ilmu Pengetahuan Sosial pada Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (Kossmi) di UGM Yogyakarta, dan lain sebagainya,” ucap Sukeimi.

“Kami berharap kepada anak-anak yang akan melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih tinggi agar dapat terus menggapai prestasi dan mempertahankan yang telah diraih, sehingga mereka selalu menjadi juara di sekolah selanjutnya,” tutupnya.

Sementara itu, Plt.Kanwil Kemenag Provinsi Riau Dr.H.Muliardi M.Pd yang menyempatkan hadir pada pelepasan perpisahan kelas IX Tahun Ajaran 2023-2024 ikut memberikan motivasi kepada siswa-siswi MTs Negeri 3 Pekanbaru yang telah tamat.

“Kami berharap kepada ananda agar bisa terus bersaing meraih prestasi belajar di sekolah selanjutnya. Dan orang tua pun kita minta untuk selalu memberikan dukungan dan semangat kepada anak-anaknya, serta bisa menjalin kerjasama yang baik dengan pihak sekolah,” singkat Muliardi. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *