Pekanbaru, pilarbangsa.com – Untuk menghadapi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024-2025, Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau melaksanakan rapat koordinasi dengan seluruh Kepala Sekolah SMA/SMK pada Rabu, 24 April 2024.

Rapat koordinasi tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Riau Edi Rusma Dinata S.Pd, M.Pd didampingi Kabid Pembinaan SMK Dr.Arden Simeru, M.Kom.

Pertemuan tersebut merupakan upaya pemerintah Provinsi Riau dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat yang akan menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang SMA/SMK dengan jalur Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) Afirmasi.

Dalam penyampaian Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Riau melalui Kabid Pembinaan SMK Dr.Arden Simeru, M.Kom bahwa PPDB tingkat SMA/SMK dengan Jalur BOSDA Afirmasi tersebut telah diatur pada Peraturan Gubernur No.2 Tahun 2024.

“Teknisnya disini, bahwa mulai tahun ajaran 2024-2025 ini hingga seterusnya, kita Disdik Provinsi Riau akan membuka jalur BOSDA Afirmasi ini khususnya bagi siswa-siswi yang kurang mampu untuk diberikan kesempatan masuk ke sekolah-sekolah swasta yang telah memenuhi persyaratan, seperti berakreditasi B, sudah menamatkan lebih dari 3 periode angkatan, dan memiliki jumlah murid lebih dari 100 orang,” ujar Arden.

Menurutnya sekolah-sekolah swasta yang telah ditetapkan tersebut terlebih dahulu dilakukan beberapa upaya pengujian atau penilaian oleh pihak Dinas Pendidikan melalui tahapan demi tahapan secara terinci dan selektif.

“Bagi calon peserta didik yang akan diterima melalui jalur BOSDA Afirmasi tersebut juga harus memenuhi syarat diantaranya terdaftar di Dinas Sosial, ada keterangan tidak mampu dari Kelurahan,” sebut Arden.

“Kita berharap Angka Partisipasi Kasar atau APK dan Angka Partisipasi Murni atau APM di Provinsi Riau bisa meningkat sehingga anak-anak yang telah masuk usia sekolah sudah bisa kita salurkan di sekolah-sekolah yang layak. Maka dengan demikian tujuan kita untuk membentuk generasi muda yang mampu berdaya saing dan berprestasi dapat terwujud,” tutupnya. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *