Info, pilarbangsa.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan bertugas sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Presiden selama Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke luar negeri untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Australia.

Ketetapan itu tertuang Keppres Nomor 12 tahun 2024 yang diteken Jokowi pada 1 Maret 2024.

Jokowi bertolak ke Melbourne dari Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Senin (4/3) kemarin. Ia diagendakan kembali ke Indonesia Rabu 6 Maret.

“Menugaskan Wakil Presiden untuk melaksanakan tugas sehari-hari Presiden sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan selama Presiden melaksanakan kunjungan kerja dan/atau kenegaraan ke Australia, pada tanggal 4 sampai dengan 6 Maret 2024 atau sampai dengan tanggal tiba kembali di tanah air,” demikian bunyi diktum kesatu Keppres tersebut yang dikutip pada Selasa (5/3).

Dalam Keppres itu juga dijelaskan Ma’ruf harus tetap berkonsultasi dengan Jokowi apabila ada kebijakan atau suatu hal yang perlu diputuskan.

“Setelah Presiden berada kembali di tanah air, penugasan berakhir dan Wakil Presiden segera melaporkan pelaksanaan tugas tersebut kepada Presiden,” lanjut bunyi diktum ketiga.

Jokowi membeberkan sejumlah isu dan misi yang akan dibawa Indonesia dalam agenda internasional itu.

Salah satu hal yang juga akan disampaikan Indonesia terkait komitmen terhadap Palestina.

Selain itu, Jokowi juga akan membahas kerjasama terkait electric vehicle agar lekas terwujud dan dilaksanakan secepat-cepatnya.

Ia juga memastikan komitmen penawaran investasi untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara selalu dilakukan.

Kemudian Jokowi dan delegasi juga berencana untuk mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia, Selandia baru, dan Kamboja. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *